Saturday, July 7, 2012

Istilah "Watt" pada sound system

Nah.. postingan kali ini kita akan membahas persoalan mengenai istilah "watt" dari sound system. pastinya sebagai penyelengara event ingin tau apa saja yang harus dipersiapkan pasca acara itu berlangsung, baik mengenai istilahnya, atau pun persiapanya untuk menggunakan jasa sound system. berikut ini kami akan berbagi kiat-kiat khusus mengenai hal tersebut berdasarkan pengalaman kami di setiap menangani klient-klient.

Tentunya kita tau apa fungsinya sound system dalam setiap acara, salah satunya sebagai pendukung menyampaikan pesan melalui media audio disetiap acara. Sebagai contoh kegiatan kantor seperti, meeting, seminar, dsb. lalu juga di sebuah acara-acara yang didalamnya terdapat brand activation, dan sound system berperan penting didalamnya sebagai media menyampaikan pesan kampanyenya.

Setelah kita ketahui fungi penting dibalik sound, mari kita membahas pembahasan pertama dalam postingan ini, adalah penggunaan istilah "Watt" dalam sound system. Berikut ini adalah Hal-hal tersebut yang patut kita ketahui agar kita bisa memastikan jalannya acara dengan baik.

Istilah "Watt" dalam sound system. watt dari sound system berarti sebuah daya listrik yang disalurkan ke perangkat sound dan kemudian menjadi besarnya daya tembak suara perangkat tersebut. seperti kebiasaan kita dalam setiap menggunakan jasa sound system dengan menggunakan patokan "watt" dalam memenuhi kebutuhan acara. Hal tersebut ada benar dan tidaknya, karena saat ini banyak juga perangkat-perangkat moderen yang mempunyai daya efisien tidak seperti dulu, untuk itu, sebuah spac list barang itu diperlukan agar paling tidak klien tau jenis perangkatnya, lalu juga kita harus memahami konsep acaranya dahulu, karena dari konsep tersebut kita baru akan menjabarkan perangkat yang bisa digunakan di sebuah acara. sebagai contoh sebuah acara musik yang menggunakan band, biasanya memerlukan kapasitas watt yang lebih besar walaupun hanya di dalam ruangan, karena suara dari instrument seperti drum, sebaiknya tidak kalah besar dari suara dari House PA (sepiker utama), hal itu agar suara yang keluar murni melalui hasil proses mixing/management sound, dengan begitu juga kwalitas suara akan lebih baik. Jumlah kebutuhan microphone yang terkadang juga terlupakan, seperti banyaknya MC, pengisi acara, tanya jawab, dsb. Dari sedikit uraian tersebut kita akan bisa menentukan keseluruhan paket yang sesuai untuk kebutuhan alat di acara tersebut, tentunya tertulis sesuai di spac barangnya.


Yup... tentunya masih banyak istilah perangkat dalam sound system yang perlu kita tau, juga ada diantaranya adalah, cara melihat venue, mengatasi Buget, paling tidak secara garis besar kita bisa memastikan keberadaannya. hal-hal tersebut yang akan kita bahas dalam postingan selanjutnya.


so, good luck for your best event... dan bila anda sedang cari jasa sound system? pilihlah indigo audio production sebagai mitra anda. dan jangan sungkan untuk terus berkonsultasi dengan kami, Silahkan hubungi kami di (021) 73446320, Hp. 0813-81652421, 0878-81824566, 082122033462

=============================================
Indigo Audio Production, Sewa Sound System, Rental Sound Sistem di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

No comments:

Post a Comment